Senin, 22 Januari 2018

Reward And Punishment Untuk Anakku

Assalamualaikum...

yaaay...bisa minum sendiri...gak tumpah...yaaaay 👏👏👏😘


Pagi yang bahagia, karena memulai hari dengan bahagia itu penting ya mak. Sepele sih, bahagia itu nyetrum dan akan kebawa sampai nanti malam 💃. Jadi aku ingin setiap hari nyetrum kebahagiaan untuk semuanya qiqiqiqi....
Semoga emak-emak yang mampir kesini juga selalu bahagia yaak 😘😘

Pernah gak mak jaman  kecil dulu dapet Reward ?
Pernah juga gak mak jaman kecil dulu dapet Punishment ?

Tentu pernah ngalamin semua kan ya ?

Seingat inem, jaman SD dulu inem juga pernah ngalamin itu semua.
Tak bisa dipungkiri, dapet Rewad itu membahagiakan sebaliknya jika yang didapat Punishment maka kita bersedih.

Ketika aku masih aktif ngajar dulu pun Reward and Punisment juga aku terapin ke anak-anakku dikelas. Tujuanku memberikan Reward dulu supaya anak semakin tertarik dan berlomba-lomba menuju hal baik atau jika ada anak yg masih loyo terpacu semangatnya. Begitupun punishment, tujuannya supaya anak tetap berperilaku sesuai peraturan dan tata krama. Namun pemberian punishment sendiri harus hati-hati banget dan harus yang mendidik.

Tapi bagaimana jika Reward and Punishment kita terapkan untuk anak usia 2 tahun ya ?
Aku terkadang sudah menerapkan Reward ke Enca (anak gadisku, yang saat ini sudah berusia 20 bulan). Tapi ya masih tipis-tipis lah mak aku nerapinnya. Reward yang diterima juga baru sebatas tepuk tangan dan ucapan terimakasih dari aku dan mas Adi, kata-kata pujian (misal, Masya Allah Enca pinter, sholiha, rajin, cantik) dan kadang berupa barang.

Mungkin bagi sebagian berpendapat memberikan Reward hanya akan membuat anak jadi tidak ikhlas atau cuma ingin dapetin hadiah saja. Tapi kalau aku pribadi, selama kita tidak menjanjikan iming-iming reward diawal maka tidak akan membentuk anak yang pamrih.
Misalkan begini, dulu jaman aku kecil ibuku pengin lemari bajuku itu bisa rapi. Soalnya aku selalu gak bisa ambil baju tanpa merusak tatanan formasi baju yang sudah rapi, jadinya berantakan lagi berantakan lagi. Sampai pada akhirnya ibuku menjanjikan sesuatu, jika aku bisa ambil baju dilemari dengan rapi maka dibelikan ini. Benar saja, beberapa hari aku hati-hati banget demi reward itu, tapi oh tapi setelah hadiah ku dapat yang terjadi adalah, aku kembali ke sifat lama..qaqaqa 😂 gak bisa rapi tiap kali ambil baju (dan masalah ini masi kebawa sampai aku nikah lho mak 🙈🙈 malunya sama suami ).

So, sekarang aku dikit-dikit nerapin pemberian reward ke anakku bukan dengan perjanjian/iming-iming diawal. Sebisa mungkin aku menghindari kata-kata yang seperti ini mak misalnya,
 "dek, ayo makannya dikunyah ! dihabiskan nanti mama belikan jajan"
"dek, ayo ikut mama sholat, nanti mama kasih es krim"
"dek, ayo sikat gigi dulu, nanti mama ajak naik odong-odong"

Nay... aku berusaha gak ucapin kata-kata itu mak sama anakku. Better aku ucapin begini mak,
"dek, ayo makannya dikunyah yang pinter ya, ini mama juga lagi ngunyah, yok ngunyah bareng-bareng sama mama, ditelan ya, dihabiskan" (meskipun kenyataannya luamaa bener nunggu makanan itu ketelan habis, tapi ketika sudah habis biasanya aku ucapin kalimat pujian disertai dengan tepuk tangan, karena seusia anakku lagi seneng ditepuk tangani)

"dek, ayo sholat dulu bareng mama, kita wudhu dulu yok, Enca dulu yang wudhu, nanti gantian mama ya, kita ganti-gantian, habis itu kita sholat ya Ca. (Biasanya Enca menolak dulu, karna mungkin lagi asyik mainan, tapi dengar kata wudhu yang dia pahamnya wudhu itu mainan air, maka dia langsung mau. Jadi iya aku ajari Enca wudhu tipis-tipis, sebatas cuci tangan, cuci muka, dan cuci kaki. Dan itu sukses bisa bikin Enca mau ikut sholat.Rewardnya pun berupa kalimat pujian).

"dek, sikat gigi dulu ya, kumur-kumur dulu. (Jika dia menolak) maka aku contohin sambil bilang, ini mama kumur-kumur, ayo Enca kumur-kumur juga. Yok, sekarang sikat gigi dulu (jika menolak lagi), maka aku pamerin gigiku sambil gaya agak lebay untuk menarik perhatiannya misalkan, niiih gigi mamah bagus kinclong, gigi enca mana coba mama lihat, sambil diajak bicara soal gigi sambil kita sikat giginya.  Setelah itu berikan pujian lagi.

jadi pemilihan kata itupun penting banget ya, jangan sampai maksud kita baik tapi karna pemilihan kata yang kurang tepat jadi bikin hal yang sia-sia.

Lalu, kapan aku memberikan reward dalam bentuk barang ?
Gak aku tentuin waktunya sih mak, bukan ketika Enca bisa tambah pinter ini itu lalu langsung aku berikan reward dalam bentuk barang beda halnya ketika rewardnya berupa kalimat pujian yang harus memang pada saat itu juga diucapkan. Jadi flexible....ketika lagi ada rejeki pengin beliin ini untuk Enca, atau kalau lagi belanja bulanan, tengok kanan kiri kok ada yang lucu buat Enca ya sudah aku berikan itu. Ketika memberikannya pun aku ajak bicara lagi misalnya, ini dek, buku atau mainan buat Enca, karena kan Enca dah pinter wudhu, pinter sholat, pinter bantu-bantu mamah. Enca tambah pinter lagi ya, tambah sholiha lagi ya.... yang seperti itu mak.
Alhamdulillah sampai detik ini aku merasa Encaku gampang mengerti, mudah diajak komunikasi dan semoga selamanya menjadi penyejuk hatiku dan mas Adi.

Nah, untuk punishment aku sendiri belum menerapkan ke Enca, karena umur masih 2 tahun jadi kalau dia misalnya numpahin air minum, numpahin makanan, pipis atau BAB di celana dan hal-hal yang kadang bikin aku hampir kelepasan emosi, aku mengajarinya untuk minta maaf. Misalkan numpahin makanan, "ya ampun Enca, makanannya jadi tumpah kan, lantainya kotor, hayo minta maaf dulu sama mamah"
lalu Enca ngajak aku salim cium tangan sambil bilang "a...aap mamah (maaf mamah)
dan aku langsung meleleh.. hehehe
😍😍😘

Kalau emak gimana mak ? boleh dong kita saling sharing...

Sekian dulu ya mak, semoga tetap ada secuil manfaat....
salam dari Enca dan mama...

Wassalamualaikum 😍😍




Tidak ada komentar:

Posting Komentar