Kamis, 25 Januari 2018

Kegelisahan Seorang Ibu Akibat Gadget

Assalamualaikum...

Dijaman teknologi yang semakin canggih ini, memang sedikit banyak berpengaruh pada kehidupan manusia. Bcara soal gadget, belakangan ini pengguna gadget bukan hanya orang dewasa saja, bahkan anak-anakpun tak mau ketinggalan. Bahkan mereka sudah sangat lihai memainkan jemari diatas layar, sekedar lihat video, main game ataupun bersosmed. Apakah ini sebuah prestasi yang patut dibanggakan ?
ataukah sebuah keprihatinan ?


Dahulu, gadget hanya sebagai sarana komunikasi jarak jauh saja. Namun sekarang ini gadget sudah lebih dari itu, tanpa kita sadari segala macam kebutuhan dan aktifitas kita bisa dimudahkan dengan gadget.

Adakah manfaat dari gadget ?

Tak bisa dipungkiri, sebagai pengguna gadget, akupun banyak mendapat manfaatnya.  Memberi berbagai kemudahan itulah memang salah satu dari manfaat gadget.

Mau makan enak ? Go Food

Ada meeting tapi gak ada yang nganterin ? GoJek, GoCar

Mau nganter masakan ke rumah mertua, tapi gak ada motor ? GoSend

Mau beli semua ? Scroll scroll shoppe

Mau jual barang bekas ? OLX

Ketinggalan gosip artis ? cusss Lambe turah

Kepengin tau kabar sang mantan ? buka IG, buka Fb 🙊🙊🙊 eeeehhh

Mau bayar listrik, PDAM, transfer, dll semuaaaa bisa dengan gadget.

Tanpa kita sadari, gadget jadi primadona dirumah kita. Lalu salah siapa apabila anak kita mencontohnya?  karea kepengin sama yang selalu dipegang orang tuanya ?

Apa dampak penggunaan gadget bagi anak usia dini ?

Jika segala aktifitas orang dewasa banyak tergantung dari gadget. Yang tanpa disadari juga terselip dampak negatif seperti terpapar radiasi elektromagnetik.
Begitupun dengan anak-anak yang dihantui dampak negatif dari penggunaan gadget, diantaranya :
⭐ Resiko terpapar radiasi
⭐ Emosi tidak stabil
⭐ Kurang fokus
⭐ Resiko penyalahgunaan


Apa yang harus orang tua lakukan ?

Menjadi orang tua di era digital memang tidaklah mudah. Seperti pisau bermata dua, disatu sisi bermanfaat di sisi lain bisa mendatangkan mudharat.

Aku pribadi, dengan Enca yang belum genap 2 tahun sudah lihai memainkan jemarinya buka gadget, bisa memainkan sendiri video favoritnya, disitu kadang saya merasa sedih. Padahal aku tidak mengajari begini-begini. Benar saja hanya dengan sering melihatku menggunakan gadget ternyata Enca menirunya ( harus lebih hati-hati dalam berucap dan bersikap, nih karena Enca lagi masa-masanya meniru ).

Bahkan sekarang Enca udah makin sering merengek minta pinjem HP ayah buat nonton video favoritnya. Padahal dalam sehari paling Enca aku kasi gadget satu kali itupun durasi 30menit. Enca pun jadi sering marah karena gadget. Aku menyimpulkannya begini, jadi antara sudah bosan dengan yang dilihat, tapi hatinya masih kepengin lihat, ditambah mata dan badan yang mungkin lelah, akhirnya dia bingung sendiri dengan apa maunya. Nah ini PR banget buatku dan mas Adi.

Lalu, sebagai orang tua jaman now apa yang aku dan mas Adi lakukan ?

Membuat peraturan untuk diri kami sendiri yang mesti kami patuhi diantaranya :
😘 Tidak pegang gadget saat main sama Enca
😘 Aku dan mas Adi sepakat untuk tidak terlalu asyik main gadget sendiri
😘 Beri pengertian ke Enca, boleh main Handphone1x dan sebentar saja
😘 Mengalihkan perhatian Enca jika sudah mulai merengek minta Handphone

Semoga aku dan mas Adi bisa benar-benar jadi contoh yang baik. Dan semoga kita dapat selalu membersamai anak-anak kita ya mak... 😍😍😍

with love Mama Enca

Wassalamualaikum..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar