Selasa, 30 Januari 2018

Pola Asuh Antara Aku dan Suami

Assalamualaikum,

 Pernah ngalami beda pengasuhan dengan suami  ?
atau mungkin dengan nanny ataupun neneknya sendiri ?


Ya, bisa dimaklumi dan lumrah banget, karena isi kepala kita dengan yang lain beda. Pengalaman  beda, jadi pemikiran dan pola asuh pun banyak bedanya, qiqiqi.
Lalu, mungkinkah bisa diselaraskan ?
Tentu dong, 😚


Disini aku bagi pengalamanku yang pernah beda pola asuh dengan suami ya, karena belum pernah pakai jasa nanny sebelumnya.

Lho katanya jodoh itu segala-galanya selaras,
Apa yang kamu pikirkan,
 #eh sama aku juga berpikiran gitu.
Apa yang kamu rasakan,
#eh sama aku juga merasakan itu.
Apa yang kamu lakukan,
#eh sama aku juga seperti yang kamu lakukan.

#kita banyak samaannya yaa...uwooo

Nah, diatas itu kata orang-orang sebelum menikah. Setelah menikah justru yang terlihat banyak banget perbedaan-perbedaannya, qaqaqa
Salah satunya ya beda pola asuh antara aku dengan suamiku.

Namanya juga bapak-bapak, mungkin dalam mindset mas Adi pun begini,
tugasku cari nafkah, mencukupi kebutuhan anak istri,
tugas mengasuh anak, ya urusane ibune,

Gak ada yang salah sih, dengan yang diatas. Ya memang seperti itu, tapi untuk urusan mengasuh anak, ya harus dikompakkan dan diselaraskan.

Lalu, gimana dengan ibu-ibu muda yang minim ilmu parenting macam aku ini ?

Jika sepenuhnya mas Adi memasrahkan tanggung jawab pengasuhan anak ke aku yang minim ilmu ini, lalu bagaimana jadinya anakku nanti ?

Apa aku bisa mengasuhnya dengan baik sehingga menciptakan anak-anak yang sholih sholiha ?

End then, bermula dari kekhawatiran itu akhirnya aku mulai baca-baca soal ilmu parenting. Nah, jadinya sedikit banyak udah ngantongi teori, tinggak selanjutnya dipraktekkan.

Sedangkan mas Adi, karena kesibukan jadilah jarang banget baca soal parenting πŸ˜’πŸ˜’πŸ˜’ yang pada akhirnya membuat kita beda pola pengasuhan.

Beberapa hal yang terjadi misalnya,
😍 Saat Enca udah berusia 1tahun lebih, aku udah mulai nerapin Enca minum susu pakai gelas

😟 Sama mas Adi, dibilang udahlah minum pake botol sambil tiduran aja biar cepet

😍 Bangun tidur, bawa Enca ke kamar mandi diajak pipis meskipun udah pakai diapers

😟 Sama mas Adi suka langsung diajak mainan, jadinya kelupaan gak diajak pipis dulu, fiiuh

😍 Kalo Enca lagi nangis, entah nangis marah atau nangis tanpa sebab bukan nangis kesakitan ya. Aku gendong/pangku sambil dielus-elus punggung dan membiarkan Enca puas nangis dulu, sesekali aku bilang
"udah belum nangisnya, boleh mama lap air matanya?"

😟 Kalo sama mas Adi, dia pengennya Enca cepet-cepet diem, makanya mas Adi  selalu dibilang gini kalo Enca nangis
" udah udah jangan nangis ya cup cup cup πŸ˜‚"

😍 Aku tuh berprinsip, bahwa Enca aku didik dengan penuh rasa percaya diri dan keberanian, bukan yang menye-menye penakut. Jadi selama itu tidak berbahaya dan masih dalam batas kewajaran, aku akan mencobakan hal-hal baru buat Enca.

😟 Tapi mas Adi masih suka melarang ini itu, karena terlalu khawatir.

dan masih banyak lagi sebenernya πŸ˜„. Tapi semua itu bisa dibicarakan kok.
Kadang minta (eh maksa deng πŸ˜‚)  mas Adi buat ikut baca-baca soal parenting, kadang kalo aku duluan yang udah baca pas lagi quality time (bener gak yah nulisnya πŸ™ˆ) berdua sama mas Adi diselingi cerita soal anak.
Alhamdulillah sekarang mulai nampak kekompakan kami dalam mengasuh Enca. Cuma kegalauan lain adalah beda pola asuh dengan nenek. Cuma ini gak berlebihan sih, karena aku hidup terpisah dari beliau-beliau. Jadi kakung dan puti tinggal di Klaten, sedangkan mbah kakung dan mbah uti tinggal di Cilacap. Ketemu jarang, tapi pernah lho bikin gemes, lain waktu insya Allah aku jembrengin deh, qiqiqi


Gimana dengan anda ?
apakah pernah mengalami perbedaan pola asuh dengan suami ?


cerita dong 😍😘

wassalamualaikum,

2 komentar:

  1. Hahaha..Namanya beda kepala beda isinya ya Mbak..
    Aku juga sering beda pendapat sama suami. Aapalgi ketika anak makin besar, tambah banyak bedanya..sudah mencakup banyak hal soalnya, seperti sekolah, les dll...
    Tapi itulah ..memang pernikahan itu menyatukan perbedaan..Kalau sama terus enggak ada seninya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...iya ya bund...
      perbedaan2 yang bikin warna-warni kehidupan..hihi

      Hapus