Minggu, 28 Januari 2018

Memersiapkan Pendidikam Anak

Assalamualaikum...

Bicara soal mempersiapkan pendidikan anak, beberapa waktu yang lalu di timeline fesbuk ku sempat ada yang bahas soal biaya sekolah anak SD. Aku nyimak aja sih, cuma tetep kepo juga. Katanya uang masuknya ada yang udah nembus diangka 20 juta lho, waow waow waow. Itu aja baru SD, lalu gimana dengan yang SMP, SMA, Kuliah ?


Ya Allah, aku baca aja langsung meleleh dan lemes. Itu di Jogja lho, gimana yang di Jakarta ya ?

Semoga saja biaya sekolah di Purbalingga gak bikin keder dan semoga kita dimampukan memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita ya mak.  Aamiin Aamiin Aamiin

Aku pribadi, saat ini belum punya pengalaman soal itu, karena umur Enca yang saat ini masih 2 tahun kurang. Tapi ikut melihat perkembangan biaya pendidikan yang semakin lama semakin naik-naik kepuncak gunung. Mau gak mau aku dan mas Adi saat ini harus mulai menata untuk kebutuhan sekolah Enca. Terlebih soal biaya, 😱 aku Nol banget nih, bahkan nyisihin uang bulanan di celengan ayam aja selalu gagal 🙈.

Baiklah, kami memang harus lebih intens lagi  membicarakan persiapan pendidikan anak. Karena mungkin terlalu banyak yang musti dipikirkan, aku dan mas Adi sepakat untuk bahas ini dulu lah,

Mau disekolahin dimana ?

Oke soal biaya kami bicarakan dinomor dua. Tapi bukan berarti biaya dianggap sepele lho,
"walaaaah enggak gitu maksudnya"
 lanjut...

Jadi maksudnya itu yang pertama, antara suami dan istri harus kompak dan sepaham dulu mau nyekolahin anak dimana. Mau disekolahin di SDN, SDIT, atau MI.
Tentu kesemuanya bagus dan punya kelebihan masing-masing.
Hanya  disesuaikan dengan kebutuhan saja. Maka dari itu buatku pribadi penting banget buat menyamakan persepi ini lebih dulu.

Kalau aku dan mas Adi, beberapa kali memang sudah pernah nyinggung masalah ini. Alhamdulillah dari awal pembicaraan ternyata kami punya pendapat yang sama kelak mau nyekolahin Enca dimana. Selanjutnya tinggal urusan isi dompet. 😅

Biaya

Mikirin biaya memang kudu dibanyakin bismillah ya mak. Apalagi mikir biaya pendidikan yang makin lama makin mahal, bikin keder, meleleh lalu lemas kaki...qaqaqa

Kalau denger kata kakak dan sodara yang sudah punya pengalaman nyekolahin anak di Jogja.
Katanya biaya masuknya untuk sekolah X 10juta, sekolah Y 15juta, bahkan sekolah Z tembus diangka 20juta.
Masya Allah...
Aku sempat gak percaya lho, masa sih biaya masuk SD aja udah segitu mahalnya. Belum lagi biaya bulanan dan biaya ini itu.

And then, aku dan mas Adi memutuskan begini,

"bolehlah kita kepengin nyekolahin anak di sekolah tralala atau sekolah trilili, tapi lihat juga kemampuan isi dompet"

Mungkin jika saatnya nanti aku bakal lakuin ini dulu deh.
Misalkan aku pengin nyekolahin di SDIT, baiknya aku survei semua SDIT didaerahku  terlebih dahulu, ketahui biayanya. Lalu dipilihlah yang sesuai dengan hati dan kemampuan.

Selain itu, aku berusaha nabung dikit-dikit lah, tapi kok ya uabot tenan, payah. 😒

Bismillah semoga Allah memampukan kita biayain anak sampai kuliah seperti orang tua kita dulu yang juga mampu nyekolahin kita sampe perguruan tinggi. Aamiin.

Nah, yang jadi PR banget buatku dan mas Adi saat ini adalah gimana cara mengatur uang untuk tabungan pendidikan anak.

 Boleh sharing ilmunya juga dong...
😍😍


Wassalamualaikum,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar