Kamis, 01 Februari 2018

Anak Nonton Televisi, Yes or No

Assalamualaikum,

Baru kemarin nulis tentang gadget pada anak, dan sekarang tentang televisi.

baca: Kegelisahan Seorang Ibu Akibat Gadget

abaikan bakso bakarnya, 😅

Jika gadget dapat memberikan dampak positif dan negatif, begitupun dengan televisi. Salah satu dampak positifnya update berita. Ya, buat orang dewasa terutama bapak-bapak ketika nyalain tv pasti nyarinya berita, horeee 👏🏻
Beda dengan emak-emak, nyalain tv yang dicari pasti sinetron dan gosip 😅, iya kaaan ? qaqaqa.
Soalnya aku juga gitu, qiqiqi
Kalau sekarang nyalain tv yang dicari acara pagi pagi pasti heppy transtv, wekaweka 😆.
Lalu jadi lupa waktu dan kecanduan, duuuh.

Gak bisa dipungkiri ya, sejak jaman aku kecil dulu acara TV memang menarik hati, mulai dari kartun dan acara semacam tralala trilili semua menarik. Jadi anak dan tv semacam sahabat sejati, eaaa.

Dulu sebelum nikah, sempat berfikir nanti kalau punya anak jangan ditontonin TV ah. Diajak main yang interaktif aja, atau kalau bosen ya bolehlah sesekali dilihatin youtube. Udah berencana gitu sama calon suami dulu yang sekarang jadi suami beneran ini, halah apaan coba 😅. Tapi realitanya ? simak lebih lanjut 😅

Memang awal-awal bersikukuh gak usah punya TV, toh aku kerja mas Adi juga kerja. Lalu ada cerita dimana aku hamil lalu keguguran yang akhirnya aku resign. Dirumah cuma main HP sama Laptop doang bikin bosan juga, dari situlah aku dibelikan TV sama mas Adi, hahaha. Itulah yang dibilang kenyataan tak selalu berjalan mulus, ngeeek.

Sebenarnya, nonton Tv juga ada sisi positifnya kok. Misalnya aja ni, kadang kalau lagi bosan main ini itu aku nyalain Tv. Paling sebatas upin ipin, detective peet, sama tayo.

Misalnya habis lihat yang upin ipin, Enca jadi makin nambah kosa kata semacam atok, kakak, ehsan, mail, terus bisa nyanyi lagu-lagu disitu semacam alif ba tsa, kiri kanan tepuk tangan dan banyak tanya.

Habis nonton detective peet, jadi makin heboh banget lihat hewan-hewan. Nambah kosa kata juga dan makin tau nama hewan. Begitupun habis nonton Tayo, selain bisa nyanyi lagu Tayo, Enca jadi hapal warna-warna, dan kalau lagi dijalan raya gitu, Enca heboh tiap lihat bis. Enca bilang
"mah..mah bis ayo (tayo) mah...mah...mah ani (lani) mah.." 👏🏻👏🏻😘

Jadi buatku pribadi anak nonton tv, Yes, boleh lah, dengan catatan:

1. Orang tua selalu dampingi.
Jadi misal yang ditonton kurang berfaedah, kita bisa langsung mengingatkan. Atau jika ada iklan yg kurang layak dan mengandung kekerasan kita bisa langsung ganti chanel.

2. Berikan batasan waktu.
Jam nya sholat ya matikan. Jam nya belajar ya matikan.
Jadi enggak yang dibiarin nonton TV sepanjang waktu, bahkan sampai melanggar waktu beribadah dan belajar.

3. Tetap diajak mainan yang interaktif atau diajak bersosialisasi

4. Nonton Tv dengan jarak yang gak dekat-dekat

Catatan untuk orang tua sendiri, jika hobi nonton Televisi selayaknya juga ada aturannya. Misalnya aku nih, seneng banget nonton drama korea atau telenovela, pengin nonton sih tapi ada Enca disampingku, baiklah aku lebih memilih matiin televisi.
 Jadi orang tua ada aturannya juga dong, dan aturan versi aku itu,

1. Pengin nonton acara kesukaan, yang belum layak ditonton anak sebaiknya nunggu si anak tidur atau lebih baik relakan saja, matikan Tv dan tidak perlu ditonton.

2. Harus tau waktu
Misalkan jam 19.00 sehabis sholat isya, adalah jamnya anak belajar. Maka orang tua pun dilarang keras nyalakan Tv. Karna itu sama saja Jarkoni, menyuruh anak belajar eh emaknya asik nonton telenovela, kan gak lucu.


Nah, bagaimana dengan anda ?
Yes or No ?

Wassalamualaikum,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar