Minggu, 04 Februari 2018

Memilih Sekolah Anak

Assalamualaikum,

Tahun ajaran baru udah didepan mata nih, tapi masih bingung mau daftarin sekolah anak.
Hmm, daftar sekolah dimana ya ?
Yang disana ?
atau disanaaaah ?
semua bagusss 😌😢😥#%*@+(";'?%+$;#(#+;

Sebagai orang tua, pernah mengalami masalah yang demikian ?
Mungkin ada yang pernah ya, karena banyak pertimbangan ketika akan memilihkan sekolah untuk anaknya.

Meskipun Enca masih berusia 2 tahun kurang 3 bulan, aku dan mas Adi udah nyicil pilih-pilih sekolahan buat Enca. Kami punya beberapa pertimbangan untuk sekolah Enca besok-besok diantaranya,

Untuk tingkatan TK, SD dan SMP aku dan mas Adi sepakat untuk memilih Sekolah Islam Terpadu. Alasannya supaya Enca dapat pembiasaan ibadah seperti kebiasaan sholat Dhuha, sholat wajib berjamaah dan hafalan Al Quran. Serta penanaman akhlak sejak dasar atau usia dini.

Ketika SMA, aku dan mas Adi punya pertimbangan lain. Di usia SMA kami justru kepengin memasukkan Enca kesekolah Negeri. Alasannya, supaya Enca bisa berbaur dengan lingkungan yang Heterogen, dengan latar belakang dan agama yang berbeda-beda supaya Enca bisa memahami tentang toleransi.

Bekal agama yang didapat dari TK, SD dan SMP semoga menjadi nilai plus tersendiri untuk pribadi Enca ketika memasuki SMA negeri.

Selain itu, pertimbangan lain adalah soal akses. Untuk sekokah TK, SD dan SMP kalau bisa sih, akses mudah dan jaraknya yang dekat. Jadi Enca tidak terlalu capek dijalan. Misal ada macet pun masih bisa ditolerir, atau jika cuaca sedang hujan, tidak terlalu lama hujan-hujanan.

Ketika SMA, akses tetep harus yang mudah juga. Jadi misalkan lagi gak bawa motor sendiri masih bisa naik angkot. Jadi gak yang kemana-mana dianter.

Nah itu beberapa pertimbangan ketika aku memilih sekolah untuk Enca.

Bagaimana dengan teman-teman ?
bagi-bagi cerita dooong

Wassalamualaikum,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar